Teknologi AI Mengubah Wajah Asuransi: OJK Gandeng OECD dalam Pemanfaatan Teknologi Canggih

Insurance1405 Views

OJK Bersama OECD Luncurkan Kajian Pemanfaatan Teknologi untuk Transformasi Asuransi

Pemanfaatan AI dan Big Data, OJK Dorong Inovasi di Sektor Asuransi

painews.com Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD) telah merilis kajian strategis tentang pemanfaatan teknologi canggih dalam sektor asuransi. Tujuan utama adalah meningkatkan penilaian risiko dan mengurangi risiko pemegang polis.

Kepala Eksekutif Pengawas Perasuransian, Penjaminan, dan Dana Pensiun OJK, Ogi Prastomiyono, menyoroti potensi teknologi untuk memperluas jangkauan layanan asuransi dan mencegah praktik penjualan yang tidak sesuai dengan kebutuhan konsumen. Menyongsong Ekonomi Digital: Indonesia sebagai Pusat Potensial

OJK melihat potensi besar dalam ekonomi digital Indonesia. Dengan 215 juta pengguna internet atau 77 persen dari populasi, OJK menekankan perlunya manfaatkan potensi ini oleh perusahaan asuransi.

Kontribusi Teknologi dalam Pengurangan Risiko

Chair OECD Insurance and Private Pensions Committee (IPPC), Yoshihiro Kawai, menekankan bahwa teknologi dapat menjadi pendorong pengurangan risiko pemegang polis. Dengan membantu menilai profil risiko calon nasabah, teknologi dapat membantu perusahaan asuransi menetapkan harga yang lebih akurat.

Pemanfaatan Teknologi, Salah Satu Poin Peluang Pengembangan Asuransi

Pemanfaatan teknologi dalam asuransi menjadi salah satu poin utama dalam pengembangan sektor ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *