Sejarah Awal Berdirinya Toyota Motor Corporation

Automotif1175 Views

Pemahaman Awal tentang Toyota Motor Corporation

painews.com Toyota Motor Corporation, salah satu produsen mobil terbesar di dunia, memiliki sejarah panjang yang bermula dari visi dan dedikasi keluarga Toyoda. Perusahaan ini tidak hanya menjadi ikon otomotif global, tetapi juga mengilhami revolusi dalam proses produksi dan teknologi kendaraan. Untuk memahami perjalanan sukses Toyota, mari kita telaah sejarah berdirinya perusahaan ini.

Sakichi Toyoda dan Warisan Keluarga

Segalanya dimulai dengan Sakichi Toyoda, seorang penemu dan pengusaha Jepang pada awal abad ke-20. Ia mewariskan semangat inovasi dan keinginan untuk selalu bertransformasi kepada sang anak, Kiichiro Toyoda. Kunci awal untuk perusahaan otomotif terkenal ini adalah hak paten perusahaan Inggris, Platt Brothers of Oldham, yang dibeli oleh Sakichi Toyoda pada tahun 1929 seharga £100.000. Uang tersebut kemudian digunakan oleh Kiichiro Toyoda untuk mendanai proyek impian seumur hidupnya: manufaktur mobil.

Divisi Otomotif Toyoda

Kiichiro Toyoda mendirikan divisi otomotif di perusahaan keluarga, yang awalnya dikenal sebagai Toyoda Automatic Loom Works, pada tahun 1933. Keputusan ini sejalan dengan rencana pemerintah Jepang untuk mengembangkan industri otomotif dalam negeri. Tugas pertama dari divisi otomotif ini adalah menciptakan mesin mobil berdasarkan mesin 6-inline Chevrolet Stovebolt. Dengan teknik reverse engineering, tim Toyoda berhasil menghasilkan perbaikan pada kepala silinder dan intake manifold, yang menghasilkan tenaga yang lebih besar.

Perkembangan Prototipe Toyota

Prototipe pertama yang dihasilkan adalah Toyota Model A1 pada tahun 1935, yang sangat dipengaruhi oleh DeSoto Airflow. Langkah serupa diambil pada truk Toyota Model G1 tahun 1935, yang menggunakan mesin Tipe A yang baru dan sasis tangga Model A1 yang diperpanjang, tetapi dengan bodi yang dirancang secara unik. Truk ini tidak hanya menjadi kendaraan produksi pertama dari Toyota tetapi juga menjadi produk pertama yang diekspor ke luar negeri.

Keberhasilan dari model-model awal ini mendorong pengembangan lebih lanjut, termasuk sedan Toyota Model AA dan bus Model DA.

Pendirian Toyota Motor Corporation

Bisnis otomotif yang semakin berkembang membuat departemen otomotif Toyoda Automatic Loom Works tumbuh pesat dan melewati status anak perusahaan. Pada April 1937, departemen tersebut secara resmi terdaftar sebagai Toyota Motor Company Limited, yang sekarang dikenal sebagai Toyota Motor Corporation.

Masa Perang dan Inovasi

Perekonomian Jepang selama masa perang menghadapi kekurangan material yang serius, dan pemerintah melarang produksi mobil penumpang. Toyota, yang masih dalam tahap perkembangan, beralih fokus untuk menyediakan mobil dan truk militer.

Namun, yang lebih menarik adalah bahwa Kiichiro Toyoda memulai proyek pribadi untuk mengembangkan teknologi kendaraan listrik, mesin diesel, dan teknologi bahan bakar alternatif. Langkah-langkah kecil ini, meskipun pada awalnya mungkin terlihat sederhana, akhirnya menjadi landasan bagi inovasi besar yang dikejar oleh Toyota sebagai pionir perusahaan mobilitas masa depan.

Dalam pandangan Toyota, sejarah perusahaan ini merupakan bukti nyata bahwa semangat inovasi, dedikasi, dan tekad untuk terus berkembang adalah kunci kesuksesan dalam bisnis otomotif global. Dengan warisan inovatif ini, Toyota Motor Corporation terus berinovasi dan menginspirasi industri otomotif di seluruh dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *