Lexus LF-ZC: Mobil Konsep Canggih dengan Target Peluncuran 2026

Automotif1060 Views

LF-ZC: Mobilitas Masa Depan dari Lexus

painews.com   Mobil konsep terbaru yang memukau, Lexus LF-ZC, telah diperkenalkan dalam Japan Mobility Show (JMS) 2023 di Tokyo, Jepang. LF-ZC adalah akronim dari “Lexus Future Zero-emission Catalyst,” dan diharapkan akan meluncur ke pasar pada tahun 2026.

Dalam presentasinya di pembukaan JMS 2023, Simon Humphries, Chief Branding Officer Toyota Motor Corp, menggambarkan LF-ZC sebagai komitmen masa depan yang akan menghadirkan solusi revolusioner. Mobil ini menggabungkan teknologi digital dan fisik untuk memecahkan batasan dalam tiga area utama: efisiensi, emosi, dan desain.

Mobil ini bertujuan untuk menghadirkan rekayasa yang paling efisien tanpa mengorbankan emosi. LF-ZC menjanjikan tidak ada kompromi dalam segala hal, dari desain yang lebih emosional hingga lebih banyak ruang, fleksibilitas, dan keterlibatan pengemudi. Semua ini dalam struktur yang lebih kecil, lebih ringan, dan lebih aerodinamis.

Dinamika Unggul dan Desain Tanpa Kompromi

Lexus LF-ZC membanggakan dinamika unggul yang mengadopsi teknologi pengembangan RZ. Ini mencakup pergerakan dari sistem AWD Direct4 dan kemudi steer-by-wire.

Dengan dimensi panjang 4.750 mm, lebar 1.880 mm, dan tinggi 1.390 mm, serta jarak poros roda sepanjang 2.890 mm, LF-ZC memiliki ukuran yang cukup besar. Namun, Lexus menjamin pengalaman lapang dan fleksibel di dalam kabin.

Berbekal teknologi terbaru dari teknologi gigacasting, struktur modular kendaraan terdiri dari tiga bagian: depan, tengah, dan belakang. Baterai yang terletak di posisi tengah membantu meningkatkan pusat gravitasi yang rendah, memberikan keleluasaan pada sektor depan dan belakang.

Baterai LF-ZC adalah hasil pengembangan terbaru Lexus, menggabungkan pengurangan ukuran dan bobot dengan peningkatan kinerja dan jangkauan jarak. Kemungkinan besar, baterai ini akan menggunakan teknologi NCM Series yang berbentuk prismatic monopolar. Dengan klaim jarak jelajah hingga 1.000 km, pengisian cepat dalam 20 menit, dan 20% lebih efisien secara biaya dibandingkan dengan teknologi yang digunakan oleh bZ4X saat ini.

Desain Futuristis dan Kokpit Fokus pada Pengemudi

Desain LF-ZC sangat futuristis dengan sentuhan khas Lexus. Tampilan sampingnya hampir menyerupai station wagon dengan atap belakang yang landai.

Pahatan pada bodi mobil menciptakan paduan antara garis keras dan lembut, meningkatkan aerodinamika dan aspek estetika. Di dalam, posisi duduk penumpang depan yang rendah menciptakan kesan lapang, dan atap panoramic menambah kesan ruangan yang lebih luas.

Kokpit dirancang untuk memfokuskan perhatian pada pengemudi. Berbagai kontrol, termasuk perpindahan gigi, sistem bantuan pengemudi (ADAS), dan mode berkendara, dapat diakses dengan mudah melalui layar digital yang berada di sebelah kiri setir.

Lexus LF-ZC adalah contoh nyata dari visi masa depan Toyota Group dalam menghadirkan kendaraan listrik yang efisien, berdaya jangkau tinggi, dan tetap mengutamakan pengalaman pengemudi. Dengan tanggal peluncuran yang ditargetkan pada tahun 2026, mobil konsep ini menjadi harapan yang menggembirakan bagi pencinta teknologi dan mobilitas yang berkelanjutan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *