Mitos atau Fakta? Tingkatan Ranah/Kultivasi dalam Seni Bela Diri China Kuno

News, Review1477 Views

Pai News – Seni bela diri China kuno telah menjadi subjek diskusi yang menarik selama berabad-abad. Salah satu aspek menarik yang sering menjadi fokus pembicaraan adalah tingkatan ranah atau kultivasi dalam seni bela diri ini. Apakah itu mitos atau fakta?

Tingkatan kultivasi adalah level kekuatan yang dimiliki oleh seorang praktisi seni bela diri. Level ini diperoleh melalui latihan yang keras dan, dalam beberapa kisah, penggunaan obat-obatan khusus untuk mencapai tingkat yang lebih tinggi. Dalam dunia seni bela diri China kuno, terdapat 12 tingkatan kultivasi yang berbeda.

Setiap tingkatan umumnya menggunakan istilah “Dou,” yang secara bahasa dapat diartikan sebagai melawan, berkelahi, atau bertarung. Istilah-istilah seperti “Dou Zhi Qi” atau “Dou Zhe” sering digunakan dalam cerita-cerita fiksi seni bela diri China kuno yang menggambarkan tingkatan kultivasi atau kekuatan dalam dunia bela diri.

Mitos atau Kenyataan?

Terkait dengan tingkatan seni bela diri China kuno, masih banyak perdebatan apakah ini adalah mitos semata atau ada dasar yang kuat dalam realitasnya. Namun, ketika kita melihat tingkatan seni bela diri yang ada saat ini, seperti dalam seni bela diri Taekwondo yang memiliki tingkat dasar mulai dari 10 Gup hingga Sabuk Hitam 1 Gup tertinggi, kita dapat melihat kemungkinan bahwa konsep tingkatan kultivasi tidak hanya mitos semata.

Tingkatan Kultivasi dalam Seni Bela Diri China Kuno

1. Dou Zhi Qi/Dou Disciple (斗之气): Tahap awal di mana seseorang mengenal dan memahami Dou Qi. Pada tahap ini, seseorang memiliki Qi yang dapat dikembangkan tergantung pada jumlahnya.

2. Dou Zhe/ Dou Practitioner (斗者): Pada tahap ini, seorang praktisi Dou dapat benar-benar memanfaatkan dan mengendalikan energi Dou Qi dalam pertempuran.

3. Dou Shi/Dou Master (斗师): Setelah mencapai tahap ini, seorang praktisi dapat menggunakan Dou Qi untuk membentuk lapisan pelindung pada tubuh hingga tubuh lebih tahan terhadap serangan.

4. Da Dou Shi/ Dou Grandmaster (大斗师): Pada tingkat ini, seorang praktisi dapat menggunakan Dou Qi untuk membentuk senjata atau “armor” yang memberikan pertahanan yang lebih tinggi.

5. Dou Ling/Dou Spirit (斗灵): Pada tahap ini, Dou Qi seseorang cukup kuat untuk membentuk senjata dari Dou Qi yang dikristalkan.

6. Dou Wang/Dou King (斗王): Pada saat mencapai tahap ini, praktisi dapat membentuk sayap Dou Qi dan menarik Dou Qi dari sekitarnya.

7. Dou Huang/Dou Emperor (斗皇): Level ini merupakan titik di mana praktisi benar-benar sangat kuat. Seorang Dou Huang dapat menggunakan jumlah besar Dou Qi dari sekitarnya.

8. Dou Zong/Dou Ancestor (斗宗): Seorang Dou Zong memiliki kemampuan untuk menggunakan ‘Kekuatan Spasial’ misterius dan bahkan menciptakan ruang yang bisa dimasuki.

9. Dou Zun/Dou Venerate (斗尊): Seorang Dou Zun memiliki pengetahuan hampir sempurna tentang ‘Kekuatan Spasial’ dan bisa membentuk lubang cacing dalam ruang-waktu.

10. Ban Sheng/Half Saint (半圣): Ini adalah tahap transisi menuju tingkat kultivasi yang lebih tinggi, yang diperlukan untuk memasuki kelas Dou Sheng yang sangat kuat.

11. Dou Sheng/Dou Saint (斗圣): Dou Sheng adalah tingkatan teratas dalam hierarki petarung. Mereka memiliki kekuatan yang luar biasa dan bisa mengalahkan banyak Ban Sheng.

12. Dou Di/Dou God (斗帝): Dou Di adalah peringkat tertinggi dalam seni beladiri kuno, setara dengan Heavenly Sovereign (Penguasa Surgawi), dan menurut beberapa sumber: seorang yang mencapai level Dou Di mampu berumur panjang, 2 hingga 3 kali lipat dari umur manusia pada umumnya.

Tingkatan ini mencerminkan tingkat kekuatan yang signifikan dalam dunia seni beladiri China kuno. Meskipun masih banyak perdebatan, artikel ini adalah hasil akumulasi dari berbagai sumber, termasuk cerita rakyat, novel kuno dan modern, serta animasi yang mengambil inspirasi dari plot manhwa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *