Ketua DPRK Langsa Dikritik oleh Anggota Panmus: “Gagal Paham” Mekanisme Panmus

News1629 Views

Langsa – Anggota Panitia Musyawarah (Panmus) DPRK Langsa, Jeffry Sentana, mengkritik Ketua DPRK Langsa, Maimul Mahdi, karena dianggap tidak memahami mekanisme Panmus yang berlaku.

Menurut Jeffry Sentana, yang juga dikenal sebagai Jeffry Sentana, seorang Ketua DPRK seharusnya membaca aturan secara menyeluruh sebelum membuat pernyataan.

” Tugas Panmus diatur dalam Pasal 82 Tata Tertib DPRK Langsa No. 1 Tahun 2020. Panmus tidak hanya menjadwalkan paripurna, tetapi juga memiliki wewenang memberikan pendapat kepada Pimpinan DPRK dalam menentukan arah kebijakan lembaga. Jika diperlukan, kami sebagai Panmus dapat merekomendasikan pembentukan Pansus (Panitia Khusus),” kata Jeffry Sentana kepada media pada Senin, 3 Juli 2023.

Lebih lanjut, Jeffry mengatakan bahwa Ketua DPRK tersebut tidak memahami tugas dan fungsi Dewan. Menurutnya, Ketua DPRK sebelumnya tidak melaksanakan Agenda LKPJ Walikota 2022 yang telah ditetapkan oleh Panmus. Padahal, semua agenda yang telah ditetapkan oleh Panmus harus dilaksanakan dan hanya dapat diubah melalui paripurna. Hingga saat ini, belum ada penjelasan mengapa LKPJ tersebut tidak dilaksanakan, dan hal ini dapat dikatakan sebagai bagian dari pelemahan fungsi dewan oleh Ketua DPRK.

Sebagai informasi, tidak semua anggota fraksi di Dewan terwakili di Komisi-Komisi. Terdapat 4 Komisi dan 5 Fraksi di DPRK Langsa, yaitu Fraksi PA, Fraksi Golkar, Fraksi Demokrat, Fraksi Hanura-Nasdem, dan Fraksi Langsa Bermartabat.

“Komisi I tidak memiliki perwakilan dari Fraksi Hanura-Nasdem, Komisi II tidak memiliki perwakilan dari Fraksi PA, dan Komisi III tidak memiliki perwakilan dari Fraksi Golkar dan Fraksi Demokrat. Hanya di Komisi IV, semua fraksi terwakili. Jadi, ketidakhadiran Panmus merupakan hasil dari ketidaksepahaman antar fraksi, bukan karena Panmus tidak memahami tugas dan fungsi. Saya menyarankan kepada Ketua DPRK untuk bersikap bijak. Sebelum mengundang rapat Panmus, sebaiknya berkomunikasi dengan semua Ketua Fraksi untuk mencari solusi, dan jangan mengedepankan arogansi,” tutup Jeffry Sentana. (Fadly P.B)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *