Keutamaan Salat Idul Adha Bagi Wanita dan Pria.. 7 Fakta yang Tidak Boleh Anda Lewatkan

News, Religi1648 Views

Pai News – Tidak diragukan lagi bahwa mengetahui keutamaan salat Idul Adha merupakan salah satu hal terpenting yang membantu seorang Muslim untuk mengikuti sunnah Rasulullah -shallallahu ‘alaihi wa sallam-. Ketika keutamaan salat Idul Adha yang besar diketahui, keinginan untuk melaksanakannya meningkat dan kemudian dimanfaatkan, sehingga pelaksana salat tersebut memperoleh pahala yang besar dan berharga.

Salat ini dilakukan oleh umat Muslim setelah terbit matahari sekitar satu pertiga jam. Kita dapat mengambil petunjuk keutamaan salat Idul Adha dari apa yang disebutkan tentang keutamaan hari penyembelihan, yang merupakan hari pertama dari perayaan Idul Adha yang diberkahi.

Keutamaan Salat Idul Adha

Allah -Mahasuci dan Maha Tinggi- tidak mengkhususkan salat Idul Adha dengan pahala atau ganjaran khusus, melainkan menjadikan pahalanya termasuk dalam pahala umum yang diperoleh dari amal shalih, ketaatan, dan dalam cara melaksanakan salat Idul Adha yaitu dua rakaat. Umat Muslim melaksanakan salat Idul Adha pada tanggal sepuluh Dzulhijjah setelah jamaah haji menyelesaikan kewajiban haji.

Salat Idul Adha adalah salah satu tanda khusus dalam agama Islam yang Allah -Maha Tinggi- khususkan bagi umat Muslim, dan menjadikannya sebagai kebaikan dalam agama-Nya -Mahasuci dan Maha Tinggi-. Salat Idul Adha juga merupakan tanda syukur dan pujian kepada Allah -Maha Tinggi- atas penyelesaian kewajiban haji.

Selama perayaan Idul Adha, terlihat tanda-tanda kasih sayang, cinta, dan belas kasihan di antara umat Muslim. Rasa empati mendominasi, hati-hati bersih dari kebencian, dan salat Idul Adha dilaksanakan pada tanggal sepuluh Dzulhijjah, yang merupakan salah satu hari yang Allah -Maha Tinggi- utamakan di antara semua hari dalam setahun.

Abdullah bin Abbas -semoga Allah meridainya- meriwayatkan bahwa Nabi -shallallahu ‘alaihi wa sallam- bersabda, “Tidak ada amal yang lebih utama pada hari-hari ini dibandingkan dengan amal pada hari ini?” Para sahabat bertanya, “Tidakkah jihad?” Beliau menjawab, “Tidak, kecuali seorang laki-laki yang keluar berjuang dengan jiwa dan harta benda, tetapi tidak mendapatkan sesuatu pun.”

Keutamaan Salat Idul Adha bagi Wanita

Telah disebutkan bahwa apa yang berlaku bagi keutamaan salat Idul Adha bagi laki-laki juga berlaku bagi wanita. Disunnahkan bagi wanita untuk melaksanakan salat Idul Adha di rum

.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *